Memijat Payudara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Memijat Payudara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Memijat Payudara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Memijat payudara merupakan tindakan mengurut dan membelai payudara secara perlahan dengan menggunakan tekanan ringan hingga sedang. Dalam melakukan pijat payudara seseorang bisa melakukannya seorang diri atau menggunakan bantuan pasangan atau juga seorang terapis.

Manfaat dari memijat payudara secara rutin dan benar antara lain:

  1. Menjaga bentuk payudara
    Memijat bertujuan menjaga bentuk payudara dan mencegahnya agar tidak kendur. Hal ini karena pijat payudara bisa merangsang sirkulasi yang diperlukan dalam menjaga jaringan payudara sehat, serta memperkuat ketahanan jaringan otot dan membangun ketahanan pada ligamen. Selain itu, pijat ini juga membuat payudara menjadi lebih kencang sehingga tidak melorot.
  2. Manfaat Terapi
    Manfaat memijat payudara juga bisa dirasakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit seperti rasa sakit atau nyeri payudara karena sentuhan lembut dan pijat bisa bersifat terapeutik atau terapi.
  3. Manfaat Kesehatan
    Memijat merangsang drainase sistem limfatik dalam payudara yang menghasilkan produk limbah bahaya dan memungkinkan lebih banyak nutrisi ke jaringan payudara.
  4. Bentuk pencegahan dan deteksi dini
    Pijat payudara diketahui bisa membantu deteksi dini jika ada benjolan atau suatu kelainan di payudara.
  5. Memperlancar ASI
    Pemijatan payudara saat ibu hamil, bertujuan untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu supaya kelak bisa memproduksi ASI yang banyak dan lancar. Pemijatan bisa dimulai setelah usia kehamilan 7 bulan.

Cara Memijat Payudara yang benar

  • Oleskan minyak pijat atau krim pijat pada payudara Anda. Minyak atau krim pijat mampu membantu Anda merasakan kenyamanan saat memijat payudara.
  • Gunakanlah telapak tangan Anda saat memulai pijatan. Awali pijatan dari pusat payudara dengan tekanan yang sedikit kencang dengan cara melingkar dari bagian tengah hingga ke luar payudara. Ulangi hingga 20 kali.
  • Gerakan selanjutnya Anda dapat memijat payudara dari daerah atas dekat ketiak, lalu arahkan ke tengah payudara sebanyak 20 kali.
  • Tekan dengan lembut bagian puting payudara kanan Anda dengan jari, kemudian pijatlah dengan 2 jari tangan kiri Anda ke arah luar. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.
  • Memijat dengan mengangkat payudara ke arah atas lalu pijat dengan gerakan melingkar selama 20 kali, dan ulangi di kedua sisi payudara. Lakukan pijat payudara selama 5 – 10 menit seusai mandi dan secara berulang sebanyak dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *