Menjaga Jantung

Menjaga Jantung

 

Menjaga Jantung

Menjaga jantung dapat kita lakukan dengan rajin berolahraga, hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Ada berbagai makanan yang dianggap baik untuk kesehatan jantung Anda.

1. Oat
Makanan lezat ini mengandung banyak asam lemak omega 3, folat, dan potasium di dalamnya. Selain baik untuk jantung, makan oatmeal mampu mengurangi kadar kolesterol Anda dan menjaga arteri agar tetap sehat. Penelitian menunjukkan mengonsumsi Oat setiap hari dapat mengurangi kolesterol hingga 10 persen.
“Jika, Anda punya kolesterol tinggi, ada baiknya mengonsumsi oat untuk sarapan secara teratur,” kata ahli nutrisi Lisa Drayer.
Selain oat, beta-glukan juga dapat ditemukan pada barley, rumput laut dan beberapa jenis jamur.

2. Ikan
Ikan yang kaya lemak seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan minyak ikan terutama asam lemak omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.
Rantai omega-3 ini telah terbukti secara klinis dapat mencegah serangan jantung karena mempertahankan detak jantung yang stabil.
Makanan lain yang juga memiliki omega-3, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit di antaranya telur, susu, selai kacang, dan margarin.

3. Sayuran hijau
Aneka sayuran yang berwarna hijau gelap seperti selada, bayam dan sawi kaya akan vitaminA, C, E, dan K serta antioksidan yang dapat membersihkan racun dari tubuh.
Kandungan kalsium, magnesium dan kalium dalam sayuran hijau itu juga membuat sayuran hijau semakin baik untuk kesehatan jantung.
“Kalium dapat membatasi efek natrium pada tekanan darah. Dan bersamaan dengan magnesium dan kalsium, membantu dinding pembuluh darah rileks sehingga dapat mengurangi tekanan darah,” kata ahli nutrisi Rahaf Al Bochi.
Sayuran ini dapat dikonsumsi dengan dimasak atau dijus.

4. Kacang dan biji-bijian
Kacang terutama kacang merah adalah sumber makanan yang sehat untuk jantung. Sebab kacang merah kaya akan vitamin B, zat besi, dan kalsium yang mampu menghilangkan tekanan di jantung.
Penelitian menunjukkan kacang dapat mengurangi pembuluh darah yang menyencang, denyut jantung, tekanan darah, dan kolesterol.
Nutrisi ini dapat ditemui pada jenis kacang kenari, pecan, almond, biji rami, dan kacang macademia.

5. Makanan dan Minuman dari Buah
Buah bit kaya akan nitrit oksida yang dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah studi di Australia menemukan tekanan darah laki-laki dan perempuan turun signifikan dalam enam jam setelah meminum 500 gr jus buah bit.
Sementara itu, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang dipublikasikan di American Heart Association menyatakan satu buah alpukat dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan.
Efek sebuah alpukat bahkan disebut sama dengan oba-obatan penurun tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *