Minyak Esens Untuk Mengatasi Jerawat

Minyak Esens Untuk Mengatasi Jerawat

Minyak alami/esensial adalah salah satu cara terbaik untuk merawat wajah yang jerawatan. Banyak macam produk yang mengandung minyak esensial seperti zaitun, jojoba, dan pohon teh. Tapi sayangnya dalam proses pembuatannya, sifat alami minyak esensial sebagai pembasmi jerawat banyak yang terbuang sia-sia. Salah satu penyebabnya karena sudah tercampur bahan kimia dalam proses produksi.

Baca Juga : Mengatasi kulit tangan keriput

Cara menggunakan minyak esens adalah langsung dihirup dari botolnya, diteteskan ke kain atau telapak tangan, ditambahkan pada air mandi, dioleskan pada titik refleksi seperti telinga dan kaki, diuap dalam alat diffuser, atau dioleskan ke kulit lalu dipijat.

Saat digunakan langsung ke kulit, gunakanlah secukupnya saja, biasanya 3-5 tetes saja. Menurut Gerhard Buchbauer, seorang profesor kimia farmasi di Universitas Wina di Austria, terlalu banyak menggunakan minyak esens langsung dalam membuat kulit iritasi.

Minyak Pohon Teh
minyak pohon teh ini mengandung terpinen -4-ol, yang dapat membunuh bakteri dan juga membersihkan luka. Selain itu, minyak pohon teh ini dapat membersihkan jerawat dengna cepat dan membantu menenangkan kulit.

Minyak Lavender
Minyak lavender punya manfaat besar bagi kulit wajah karena anti bakteri dan anti inflamasi. Selain baunya yang harum, lavender juga dapat mencegah jerawat dan mengurangi bekasnya. Kalian cuma perlu 2 tetes minyak lavender yang dicampur dengan 10 tetes minyak jojoba. Lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah yang diinginkan.

Minyak Jojoba
Jojoba disini artinya bukan jomblo jomblo bahagia ya, salah besar hehe. Minyak jojoba ini diclaim sebagai antioksidan yang sangat baik. Minyak ini dapat digunakan langsung pada kulit, sehingga membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pada pori-pori. Selain mengatasi jerawat, minyak jojoba juga dapat melembabkan kulit.

Perlu diwaspadai, menggunakan minyak diatas ga semuanya bisa secara langsung ke kulit. Untuk minyak pohon teh dan lavender harus dicampur dulu sebelum digunakan langsung ke kulit. Tentunya pemakaian minyak esensial ini bukan satu-satunya cara untuk mengatasi jerawat loh. Kalian tetap harus merawat wajah dengan membersihkannya sehari-hari.

Selain untuk perawatan kulit, minyak esens juga dapat meredakan stres

  • Kemenyan memiliki wangi yang santai, cocok untuk memperdalam meditasi dan menenangkan pikiran.
  • Lavender untuk memberikan kedamaian pada saat tidur, gelisah, lekas marah, serangan panik, perut gugup, dan menenangkan pikiran.
  • Bergamot dapat membantu menenangkan dan mengurangi kecemasan.
  • Chamomile untuk membantu dalam menenangkan pikiran dan mengurangi rasa khawatir.
  • Lemon untuk kesegaran.
  • Kayu manis untuk memberikan rasa cinta terhadap apa yang sedang dikerjakan.
  • Ylang Ylang untuk membantu melepaskan kemarahan dan frustrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *