Keuntungan Seks bagi Kesehatan

Tahukah Anda, hubungan seks secara rutin dengan pasangan ternyata memiliki manfaat mengejutkan bagi kesehatan tubuh. Berbagai penelitian ilmiah mengungkapkan, hasrat untuk berhubungan intim sebenarnya sudah mampu menjadi energi positif yang mendorong naiknya sistem kekebalan tubuh.

Yang mengejutkan, melakukan hubungan seks secara rutin membuat kita juga tidak menjadi pelupa karena ada bagian dalam otak yang tersimulasi dari hubungan seks yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan ingatan. Bagi pria, hubungan seks juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 45 peresn dan juga bisa menurunkan tekanan darah.

Menjaga mood tetap positif
Aktivitas seks yang rutin membuat pria selalu berada dalam semangat dan mood yang positif. Selain bisa menghilangkan stres dan meningkatkan harga dirinya, manfaat berhubungan intim juga sebenarnya dapat mencegah munculnya depresi. Sebab saat bercinta hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh.

Kesehatan jantung yang lebih baik
Aktif melakukan hubungan seks juga menambah laju detak jantung yang biasanya memuncak selama mengalami orgasme. Menurut para peneliti di Institut Peneliti New England, Massachusettes, pria di umur 50 tahun yang melakukan hubungan seks sedikitnya selama dua kali seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung 45 hingga 45 persen.

Memperbaiki kualitas tidur
Manfaat hubungan intim yang biasanya dirasakan oleh pria adalah tidur lebih cepat. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan pria, salah satu hormon lain yang dilepaskan saat bercinta adalah oksitosin, yang merupakan hormon untuk membantu membuat tidur semakin nyenyak. Mungkin ini salah satu sebabnya mengapa pria sering kali cepat tertidur setelah berhubungan seks.

Menghilangkan pegal linu
Menurut peneliti di Universitas Munster, Jerman, penderita migraine dilaporkan mengalami kemajuan dari keluhan sakitnya setelah melakukan aktivitias seksual. Sakit kepala di daerah tertentu, yang dapat menyebabkan sakit tak tertahankan di wajah pun, membaik hingga 37 persen. Seks juga memicu hormon rasa senang yang disebut endorphins yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Umur panjang
Penelitian di Universitas Bristol dan Belfast menemukan jika risiko kematian pada pria dapat dikurangi yang sering mengalami orgasme dibanding mereka yang tidak secara rutin melakukan ejakulasi. Penelitian ini melacak sekitar 1000 pria berumur 45 hingga 59 tahun selama 10 tahun.

Menjaga tubuh tetap bugar
Meski bisa membuat tubuh lelah, manfaat berhubungan intim yang bisa Anda rasakan adalah mampu membakar banyak kalori tubuh. Berlari selama 30 menit akan membakar sekitar 200 kalori, namun faktanya, bercinta selama lebih kurang 1 jam akan membakar kalori pria sebanyak 413 kalori.

Meningkatkan libido
Manfaat berhubungan intim setiap hari yang tak kalah pentingnya adalah dapat meningkatkan libido. Semakin sering berhubungan seks, semakin besar kemungkinan ingin lebih banyak.

Meningkatkan testosteron
Manfaat hubungan intim yang utama adalah meningkatkan kadar testoteron. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami adalah dengan melakukan hubungan seks. Memiliki tingkat testosteron yang sehat dan normal baik untuk jantung, tulang, otot, energi, dan konsentrasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *