Mengetahui pasangan berbohong

Mengetahui pasangan berbohong

Mengetahui pasangan berbohong

Sangat tidak mengenakkan bila mengetahui bahwa anda dibohongi oleh pasangan. Mulai dari sakit hati, tidak percaya, marah, kecewa dan sebaginya akan berkecamuk menjadi satu. Namun apa yang harus dilakukan bila kita mengetahui kebohonganb tersebut. Seberapa besar dampak kebiohongan tersebut dalam hubungan yang dijalani.

Banyak hubungan yang telah diawali dengan kebohongan kecil atau kebenaran yang dilebih-lebihkan pada tahap awal ketika kedua pihak mencoba mengesankan satu sama lain. Namun, jika kekasih suka berbohong sehingga menjadi bagian dari kebiasaannya, Anda harus bisa mengenali kapan dia berbohong, memikirkan mengapa dia berbohong, dan menanggapi kebohongannya dengan jujur dan terbuka.

1. Menebus kesalahan
Pasangan meminta meminta maaf. Bila pasangan bersedia mempertanggungjawabkan kebohongan yang dilakukan. Anda juga harus bersedia berusaha mempercayainya.

2. Kejujuran adalah hal paling penting
Ini adalah titik paling krusial dimana harus berani mengetahui hal yang sejujurnya dan alasan di balik kebohongan tersebut. Butalah dia berjanji agar tidak melakukan kebohongan lagi dan selalu dilandasi kejujuran.

3. Bersabarlah
Mengembalikan rasa percaya bukan hal yang mudah, dan Anda membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka akibat kebohongan. Sikap tidak akan sehangat dan semesra sebelumnya, tapi ingat bahwa hal tersebut disebabkan oleh kesalahan yang pasangan anda lakukan. Bersabarlah sampai pasanganb Anda berhasil mempertanggungjawabkan kebohongan.

4. Minta pasangan anda untuk bisa diandalkan
Dapat diandalkan berarti orang yang dapat bersikap dan berbuat sesuai dengan kata-kata yang diucapkannya. Menjadi orang yang selalu siap diandalkan bagi pasangan saat ia membutuhkan Anda akan mengembalikan kepercayaannya secara perlahan.

5. Jangan menutupi apa pun
Sejak kebohongan terjadi, anda akan mengalami kesulitan percaya akan hal-hal yang pasangan ucapkan. Saatnya pasangan lebih jujur dan terbuka tentang segala hal, termasuk di mana sedang berada, siapa berada di sana, dan lainnya. Berikan informasi lengkap dan pastikan bahwa pasangan jujur.

6. Hargai kebutuhan
Mintalah waktu untuk menerima kebohongan tersebut, perasaan anda juga perlu proses untuk pemulihan. Mintalah jarak untuk sesaat.

7. Tunjukkan rasa penyesalan
Bila pasangan menunjukkan penyesalan dan berusaha memperbaikinya dengan menunjukkan perubahan maka anda tidak perlu kuatir, namun bila dia hanya cuek dan menguilang kembali, anda harus cukup waspada dengan pasangan anda.

8. Tepati janji
Perhatikan janji yang telah ia buat atau yang saat dibuat ketika kebohongannya diketahui. Bila ia menepatinya dan mengambil perubahan besar dengan berkata jujur,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *