Tinggal Bersama Mertua

Tinggal Bersama Mertua

Tinggal Bersama Mertua

Memiliki rumah sendiri dan tinggal bersama pasangan yentulah hal yang diidam-idamkan, namun bagaimana bila kondisi belum memungkinkan anda memiliki rumah sendiri dan haru tinggal bersama dengan mertua.

Mertua mestinya jadi pihak kedua setelah orangtua sendiri yang bisa memandu kita menjadi istri yang baik dengan rumah tangga yang harmonis. Namun, ada banyak wanita yang tak beruntung karena mendapatkan mertua yang kurang mendukung kelanggengan rumah tangga anak dan menantunya.

Sekalipun ada mertua yang baik hati dan pengertian, pasti selalu ada drama yang terjadi antara menantu dan mertua. Tak heran, saat seseorang memutuskan untuk berumah tangga, sikap calon ibu mertua padanya dan sifat calon menantu pada mertuanya jadi pertimbangan kuat jadi atau tidaknya pernikahan berlangsung.

Bagi yang idealis jelas ngontrak adalah pilihan terbaik. Bahkan banyak artikel yang membahas keuntungan ngontrak dibanding tinggal bersama mertua. Kebanyakan memang ingin mandiri, independen, dan membangun keluarga dari nol tanpa bantuan dari orangtua atau mertua. Itu benar, tapi bagi yang tinggal bersama mertua atau orang tua jelas punya pandangan sendiri. Tak perlu juga menghakimi mereka yang tinggal bersama mertua atau orangtua dengan label tidak mandiri dan lembek. Justru barangkali mereka punya alasan yang lebih mulia untuk memutuskan tinggal bersama mertua atau orang tua.

Perlu diketahui bahwa pilihan untuk tinggal bersama mertua tidak hanya ditakuti oleh pihak menantu perempuan saja, tapi juga menantu laki-laki. Iya sih memang perempuan lebih perasa dan detail yang bisa dengan mudah memicu konflik, tapi suami (menantu laki-laki) juga punya potensi konflik. Misalnya kondisi suami yang masih belum mapan, gaji kecil sehingga terkesan malas dan tidak berdaya di hadapan mertua. Kondisi semacam itu bisa menyebabkan ketidakpercayaan mertua kepada menantu laki-laki.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika tinggal bersama mertua:

  • Bersikaplah koperatif, berkontribusi penting dalam menjalankan rumah tangga. Misalnya jangan malas untuk membantu kegiatan di dapur seperti memasak dan membersihkan rumah.
  • Saat kamu memutuskan untuk tinggal bersama mertua diskusikan bersama pasangan dan sepakat bahwa tinggal di rumah mertua hanya sementara bukan selamanya.
  • Tetap Menjaga Sopan Santun. Hidup tidak selalu berada pada jalan yang menyenangkan. Adakalanya kamu harus menemui hal-hal yang kurang menyenangkan. Tidak harus marah, jalani semua dengan sebaik mungkin dan yakinlah segalanya akan baik-baik saja.
  • Meskipun kamu sudah menjadi bagian keluarganya, bukan berarti kamu dapat berbuat sesuka hati kamu. Tetap jaga sopan santun serta privasi seluruh keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *